Back to Kompasiana
Artikel

Sosok

Heriyanto Rantelino

Mahasiswa Semester Akhir di Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin Makassar. Pemuda asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan.Youth selengkapnya

Inilah 21 Sosok Kartini Modern di Kota Makassar

OPINI | 23 April 2013 | 00:14    Dibaca: 1997   Komentar: 6   1

1429572839346014502

Ibu Raden Ajeng Kartini dikenang sebagai tokoh emansipasi perempuan. Beliau dikenal sebagai sosok perempuan yang tangguh dan berani dalam memperjuangkan nasib para perempuan yang dibelenggu oleh feodalisme, kolonialisme terutama kesempatan mendapatkan pendidikan. Berkat kegigihannya, kaum perempuan Indonesia mulai mendapat perhatian dari pemerintah.

Walau zaman telah berubah, namun bukan berarti perjuangan R.A. Kartini kandas di tengah jalan. Kini sudah banyak bermunculan Kartini-Kartini masa kini yang inspiratif dan memiliki pengaruh dalam kehidupan bangsa ini. Tak terkecuali di Makassar dimana kita bisa menemukan perempuan-perempuan tangguh yang memiliki segudang prestasi baik itu dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan masih banyak lagi. Berikut ini 21 sosok Kartini Muda di kota Makassar:

1. Urfiah Syanty

13666501562024170663

Ibu Urfiah Syanty,dok:sejutaartis.com

Ibu Urfiah termasuk salah sosok perempuan inspiratif di kota Makassar. Berbagai aktifitas beliau tekuni saat ini mulai dari Ketua Yayasan Cipta Diri dimana yayasan ini merupakan lembaga pendidikan nonformal dan keterampilan yang mengajarkan keterampilani menjahit, menyulam, desain busana, menari, hingga olah vokal secara gratis. Lembaga ini menyasar anak muda putus sekolah, penganggur, waria, juga mantan pekerja seks komersial.

Alumni Sastra Inggris Unhas ini juga berperan sebagai ketua Makassar Sempulo dimana semua pengrajin,desainer dan pengusaha Sulawesi Selatan berkumpul di komunitas ini. Beliau juga merupakan Duta Asia Pacific Cultural Centre for UNESCO (ACCU) dan Centre for Environment Education (CEE) di India tahun 2002. Saat ini pun beliau disibukkan dengan menjadi pembicara di berbagai seminar .

2.Sartika Nasmar

13666456151809778037

Sartika Nasmar, dok:pinterest.com


Beliau pernah tergabung dalam komunitas Qui-Qui atau komunitas Perajut Makassar dimana komunitas ini berusaha mengenalkan kegiatan merajut kepada generasi muda. Selain itu beliau terlibat aktif dalam program Knit For Women’s-Rights yaitu mengajar merajut dan merenda untuk siapa saja sambil terus melakukan promosi mengenai Seksualitas, Kesehatan dan Hak Reproduksi dan Seksual dan Hak-Hak Perempuan. Kak Sartika juga saya melakukan kegiatan edukasi dan advokasi di SAMSARA dimana fokus organisasi ini yaitu peningkatan status kesehatan reproduksi perempuan di Indonesia, terutama Kehamilan Tidak Direncanakan. Kami percaya bahwa isu Kehamilan Tidak Direncanakan dan aborsi di Indonesia merupakan bagian dari persoalan besar pemenuhan hak kesehatan reproduksi dan seksual.

3.Ida Farida Nur

1366645062417966941

Ibu Farida ,dok:ujungpandangekspres.com


Ibu Ida merupakan ketua dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel dimana organisasi ini menghimpun ratusan pengusaha perempuan bertekad memberi kontribusi besar terhadap kondisi perekonomian di Sulsel. Sebelum menjadi Ketua Umum Iwapi Sulsel, Ida Farida adalah sosok wanita karier yang bergelut di perusahaan bidang pengeboran minyak di Jakarta. Bahkan Farida pernah ditugaskan ke luar negeri yakni Belgia selama tiga tahun dan di Paris selama dua tahun. Selain itu beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang Sulawesi Selatan dan Wakil Ketua Apindo Sulsel.

4. Meily Lunanta

136664783284120740

Meily Lunanta, dok:kompasiana.com


Ibu kelahiran Makassar, 16 November 1960 ini aktif dalam dunia pendidikan dan kegiatan sosial seperti Pelayanan di Association of Christian School International​,  Pengurus Gloria Ministry,Tim Peduli Pendidikan​, Anggota Ladies of Fullgospel Businessmen Fellowship International​, Pengurus Haggai Institute​; dan KAMS Katolik​. Sesudah menamatkan studi S2 nya di bidang Konseling, Meily banyak terlibat memberikan konseling untuk konflik suami-istri dan kasus seks pranikah. Dia juga aktif sebagai Pengurus DPP GEPENTA ‎(Gerakan nasional peduli anti narkoba dan tawuran) Sulsel. Ibu Meily juga memberikan pelayanan konseling di Lapas, khususnya bagi yang kecanduan narkoba, serta aktif di Yayasan Peduli Konseling Nusantara (Pelikan)

5. Dwia Aries Tina Pulubuhu

13978013101278062128

Ibu Dwia Aries, foto oleh koran.Tempo.co


Cerdas, rendah hati, ramah, tangguh adalah gambaran dari ibu Prof. Dr.
Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Beliau pernah mewakili Indonesia dalam Forum Guru Besar Internasional yang diadakan oleh Ministry Foreign Affairs (Deplu) Italia .Saat ini beliau juga berperan sebagai koordinator Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembagunan Ekonomi Indonesia (MP3EI ) koridor Sulawesi ,menjabat sebagai Wakil Rektor IV Universitas Hasanuddin dan sekarang ini terpilih menjadi rektor wanita pertama di Universitas Hasanuddin
periode 2014-2018

6. Andi Tenri Natasha

13666458352053751531

Andi Tenri Natasha,dok:detik foto


Perempuan yang satu ini pernah mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia 2011 dan berada pada posisi Runner Up. Hal ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan yang pernah ditorehkan wakil Sulawesi Selatan mengingat selama ini tak ada perwakilan Sulsel yang pernah tembus 3 besar. Andi Tenri juga menyabet gelar sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2011. Anak dari politisi Dewi Yasin Limpo ini juga mewakili Indonesia dalam ajang Miss Asia Pacific yang diadakan di Korea.

7.Mugniar Marakarma

14295658871417872582

Ibu Mugniar (dok iidnmakassar.blogspot.com)


Saat ini, Ibu Mugniar merupakan ketua Komunitas Ibu-Ibu Doyan Menulis Chapter Makassar. Komunitas ini bertujuan untuk mengajak ibu-ibu untuk mencintai dan terlibat dalam dunia kepenulisan. Latar belakang anggota komunitas ini pun beragam mulai dari ibu rumah tangga, Pegawai Negeri Sipil, pengusaha, dan masih banyak lagi. .

Pengalamannya dalam dunia penulisan tak diragukan lagi terbukti Beliau telah melahirkan beberapa buku seperti  buku agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah, Storycake Keajaiban Rejeki dan Storycake Nikmatnya Syukur. Bagi penulis, Ibu Mugniar adalah salah satu inspirasi dalam dunia Blogger. Beliau tak hanya merangkul kalangan ibu-ibu saja tetapi kaum muda juga tak luput dari perhatiannya. Beberapa kali Beliau menjuarai lomba-lomba Blog salah satunya yaitu juara satu lomba Blog Kenangan di Blogger Nusantara. Selain itu alumni Teknik Unhas ini meraih juara 2 lomba Berbagi Kisah Kasih Asi dan jura dua lomba Catatan Harian Ibu dan Anak. Kesibukannya mengurus rumah tangga dan anak-anal  tak lantas menghalangi Ibu Mugniar dalam menulis dan menjadi kontributor di beberapa website. Silahkan kunjungi Blog Beliau di http://mugniarm.blogspot.com

8. Atrasina Adlina

13978023631378469126

Atrasina Adlina, foto:Facebook

Mahasiswa program studi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin ini memiliki segudang prestasi. Mulai dari juara satu Lomba Karya Tulis Kemaritiman Unhas 2011, juara dua Lomba Kemaritiman tingkat Nasional 2011, juara tiga lomba Blog Mizan 2012. Dia juga terlibat aktif di koran kampus PK Identitas, anggota Marine Science Diving Club dan juga Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia.Baru-baru ini dia juga lolos dalam program Study of the United States Institues (SUSI) yang berkesempatan belajar di East West Center, Hawaii.

9. Meta Mahendradatta

14295673321694524772

Ibu Meta Mahendradatta (dok: Facebook)

Ibu Meta merupakan salah satu wanita yang menggeluti dunia pangan di Indonesia dan karena dedikasinya inilah  yang membuat beliau diangkat menjadi Ketua  Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Makassar dari tahun 2013 sampai 2014. Tak hanya itu saja, guru besar Universitas Hasanuddin ini diangkat menjadi Ketua Hak Atas Kekayaan Intelektual Unhas tahun 2011 dan menjadi Ketua Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Pasca Sarjana Unhas.

Beberapa penelitian beliau terkait dengan pangan diantaranya Pengembangan produk food supplement dari ikan gabus, Pengembangan BASSANG, makanan tradisional asal Sulsel ,Pengembangan model kemitraan Agroindustri jagung terpadu (pilot plan di Kabupaten Takalar, Sulsel) dan masih banyak lagi.   Karyanya pun muncul dalam berbagai jurnal seperti International Journal of Agricultural Sciences.,Jurnal Penelitian LP2M, Jurnal Sains dan Teknologi, seri Ilmu-ilmu Pertanian, Jurnal AgriTechno. Tak hanya itu, buah pemikirannya bisa dilihat dari buku-buku karya beliau sendiri seperti Buku Pangan Aman dan Sehat, Jagung dan Diversifikasi Produk Olahannya Ketika Rasa Syukur tak Habis Terucap, Makanan tradisional Suawesi berbasis ikan


10.Jowvy Kumala

13666500701631016374

Ibu Jowvy Kumala


Beliau pernah dinobatkan sebagai salah satu tokoh perempuan Makassa dalam ajang yang mampu memberikan inspirasi di dunia pendidikan Sulawesi Selatan ( The Most Inspiring Women in Education). Ibu Jowvy terlibat aktif dalam berbagai kegiatan diantaranya , pengurus Indonesia Marketing Association Chapter Sul-Sel, terlibat di salah satu klub menyelam di kota Makassar dan juga sebagai Manager Communication and Relationship Telkomsel Area Pamasuka.

11.  Amaltea F Firdauzi


139802342277883382

Amaltea F Firdauzi


Mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2009 ini mewakili Kampus Unhas pada event ilmiah tingkat internasional dalam konferensi Hokkaido Indonesian Student Asosiation Ccientific Meeting di Jepang. Amaltea adalah satu-satunya mahasiswa di Wilayah Indonesia Timur dari 120 peserta yang menjadi peserta konferensi internasional. Almatea mengikuti dua kategori karya ilmiah yakni lingkungan dan energi. Dia juga pernah menjadi juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah PLN Sulselrabar tahun 2011 dengan judul karya “Starfruit Electric Pemanfaatan Buah Belimbing Wuluh Menjadi Sebuah energi Listrik Terbarukan”. Selain itu karyanya berhasil lolos dalam Pengajuan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2011 bidang Penelitian dari DIKTI dengan Judul “Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif “. Dia juga menjadi perwakilan Unhas dalam Forum Indonesia Muda (FIM)

12. Henny Maria Anastasia

1398023857820170989

Henny Maria Anastasia, photo oleh Elang Herdian

Beliau adalah owner Spa and Salon Consultant, SPA Assessor and Trainer. Selain sebagai seorang pengusaha, beliau juga menggeluti dunia fotographer dan dunia sosial. Latar belakang Pendidikan S1 dari Program Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, dan melanjutkan pendidikan S2 di Program Magister dan Perencanaan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok.

13. Fadila Ayu Hapsari

1398023968785668066

Fadila Ayu Hapsari

Selain disibukkan dengan berbagai kegiatan akademik di kampus Unhas, Fadila juga tergabung dalam suatu organisasi yang bergerak dalam dunia perfilman yaitu sebagai Assistant Event Coordinator di Rumah Ide Makassar. Dia juga menjadi salah satu finalis Bayer Young Environmental Envoy 2012 yaitu suatu kegiatan yang berbasis lingkungan hidup

14. Andi Bunga Tongeng

14295681271837782522

Ibu Andi Bunga

Aktif, energik dan Cerdas. Inilah 3 kata yang mewakili Beliau. Ibu Andi terlibat  aktif dalam berbagai kegiatan seperti fasilitator kelembagaan di salah satu program UNICEF, menjadi anggota di Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis Chapter Makassar, menjadi Relawan Anak LemINA, Penyala Makassar Indonesia Mengajar dan Relawan Kelas Inspirasi.  Buah pemikirannya juga bisa dinikmati di buku antalogi tulisan Penyala Makassar.

15. Triyatni Martosenjoyo

1398024346160778915

Triyatni Martosenjoyo, foto oleh Tadjuddin

Selain berprofesi sebagai dosen arsitektur Unhas, beliau juga adalah salah satu pendiri Komunitas Peduli Bangunan Tua Makassar dimana komunitas ini mempertahankan bangunan tua yang nantinya bisa dinikmati oleh dunia.

16.  Rahmiana Rahman

1398024490119637907

Rahmiana Rahman

Tercatat sebagai mahasiswa Universitas Negeri Makassar , tak lantas membuat dirinya hanya berkecimpung di dunia akademik saja. Dia juga tergolong wanita yang aktif dalam berbagai kegiatan seperti menjadi volunter di Sahabat Indonesia Berbagi (SIGI), salah satu founder majalah Soulmaks Magazin, Ambassador Indonesia di ajang Aseanpreneur, guru di Bosowa International School, Koordinator Biro Pendidikan dan Advokasi Lingkungan Hidup SINTALARAS UNM, dan masih banyak lagi.

17. Inayah Yasir Baeda

139802471643153506

Inayah Yasir Baeda

Ibu Inayah adalah salah satu tipikal wanita yang ramah, low profile, tak segan-segan berbagi ilmu pengetahuan sehingga tak heran beliau adalah salah satu dosen kesayangan mahasiswanya. Ibu Inayah pernah menimba ilmu di Bangor University dan Universitas Flinders di Adelaide, Australia Selatan. Selain disibukkan sebagai seorang dosen, beliau juga bergelut di MaCSI (Marine, Coast, and Small Islands) Research and Development Center

18. Farida Patingtingi

139802481076760099

Farida Patingtingi

Segudang penghargaan telah diraih beliau mulai dari Penerima Satya Lancana Karyasatya 10 Tahun Tahun 2005 dan Tahun 2008 , Penerima penghargaan Inspirational Individual Woman’s Leadership Tahun 2013 dari HELM , Penerima Penghargaan Kategori Pustaka/ Buku Terbaik Tingkat Nasional dari Perpustakaan Nasional Tahun 2013 dan Penerima Satya Lancana Karyasatya 20 Tahun dari Presiden RI Tahun 2013. Selain itu Guru Besar Hukum Agraria Fakultas Hukum Unhas ini juga terlibat dalam berbagai kegiatan diantaranya Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan PW Aisyi’ah Sulawesi Selatan, Dewan Pakar ICMI Pusat Periode 2010-2015,Bendahara Umum ICMI Orwil Sulsel 2011-2016,Pelaksana Ketua Umum Pengda Kagama Sulsel dan Pengurus Daerah Perhimpunan Ahli Pengelola Pesisir Indonesia Sulsel.

19. Ananda Astrini Muhammad

14295705062010983321

Ananda Astrini Muhammad (dok:Facebook)

Wanita alumni Sastra Inggris Unhas ini menorehkan banyak prestasi seperti Juara 1 Lomba Desain Logo pada Pensil Biru 2010 Unit Kegiatan Mahasiswa Menulis – Universitas Hasanuddin, menjadi juara dalam berbagai kompetisi menulis dan pernah menjadi Best Speaker Debate Competition. Lulusan terbaik Universitas ini juga telah melahirkan sebuah buku yang berjudul Hutan Kegelapan.

20. Mila Rosa Bollemeyer


13980251181949561260

Mila Rosa Bollemeyer


Ibu Mila adalah seorang pelayan firman yang melayani berbagai aktivitas rohani di gereja. Khotbah-khotbahnya menyentuh, up to date, mampu menginspirasi dan membangun setiap pribadi yang mendengarkannya terutama bagi pemuda-pemuda di Heroes Communiy YHS Church. Selain sebagai seorang ibu, Ibu Mila menjadi teman dan sahabat bagi orang-orang di sekelilingnya. Pribadi yang ramah dan mau bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan orang.

21. Luna Vidya

1398026755644246243

Luna Vidya

Walaupun beliau adalah kelahiranan Sentani, Papua tetapi kehadirannya di Makassar membawa warna tersendiri di kota Daeng. Ibu dari salah satu kontestan XFactor RCTI ini ( EL, New Dimension) bermain teater sejak tahun 1984 di Makassar bersama berbagai kelompok teater . Beliau adalah salah satu pemain teater terbaik Sulawesi Selatan. Ia memfokuskan diri pada ruang-ruang teater monolog, memainkan naskah-naskah orang lain, LV juga menulis naskahnya sendiri (Meja Makan, Pagar, Garis). Salah satu penggagas Makkunrai Project yaitu sebuah proyek pembelajaran berdimensi gender lewat penulisan sastra dan pementasan panggung. Ibu Luna Vidya bekerja sebagai Communication Coordinator Sustainable Mariculture Project di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kedua puluh satu perempuan diatas mewakili sebagian kecil dari perempuan di Makassar yang tangguh, kritis, tangguh, cerdas dan mampu menginspirasi banyak orang seperti halnya  Ibu Raden Ajeng Kartini. Mereka mampu membawa pelita untuk memberi terang kepada perempuan di Indonesia. Mereka pun patut dijadikan inspirator dan teladan dalam menghasilkan karya yang bermamfaat bagi masyarakat Indonesia. Semoga mereka tetap dianugrahi kesehatan, kelancaran dalam setiap kegiatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar mereka terus berkarya dan memberi warna pada kota Makassar. Selamat Hari Kartini 21 April bagi semua wanita-wanita hebat di seluruh Indonesia.

Salam
Mahasiswa  Teknik Universitas Hasanuddin Makassar, Heriyanto Rantelino
Facebook:  Heriyanto Rantelino
Twitter: @Ryan_Nebula

no: 085242441580
1366650424820653282

BACA JUGA (SILAHKAN KLIK)

Alasan Pak Abraham Samad Sangat Setia pada Istri dan Keluarganya. Inspirasi dari Seorang Pria Tangguh asal Makassar

Empat Pahlawan Era Modern Dari Makassar

Syahrul Yasin Limpo, Sosok Teladan dari Sulawesi Selatan

19 Fakta Tersembunyi dari Sulawesi Selatan

Mengenal Ajudan Pribadi Kebanggaan Pak Jokowi, Pradista Machdala

Tujuh Inspirasi Fatin “X-Factor” Buat Generasi Muda

Dua Bupati Unik dan Inspiratif dari Sulawesi Selatan

Joko Intarto, Sahabat Dahlan Iskan yang Bersahaja

Ilham Arief Sirajuddin, Mutiara dari Timur Indonesia

Sosok yang Langka Ditemukan di Facebook

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Hindari Beras Plastik melalui Penggilingan …

Joko Martono | | 29 May 2015 | 15:14

Nyinyir ala KOSTUM (Komik Strip untuk Umum) …

Christian Kelvianto | | 29 May 2015 | 12:53

Kirim Review Blogshop bersama JNE Anda dan …

Kompasiana | | 10 April 2015 | 15:13

#Gunung Bukan Tempat Sampah# Fenomena …

Aymara | | 29 May 2015 | 14:33

Kompasiana-”Dayakan Indonesia” …

Kompasiana | | 11 May 2015 | 17:09


TRENDING ARTICLES

Petral Ternyata Tidak Berdosa, Bukan Sarang …

Asaaro Lahagu | 5 jam lalu

Gambar Cibiran terhadap FIFA Meramaikan …

Ardiansyah | 5 jam lalu

Pernikahan Gibran-Selvi Gambarkan …

Ninoy N Karundeng | 7 jam lalu

Partai Mana Yang Mau Jagokan Ahok di 2017? …

Abd. Ghofar Al Amin | 11 jam lalu

Kasus Pembunuhan Tertua di Dunia Terjadi 430 …

Ronny Noor | 13 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: