Back to Kompasiana
Artikel

Sosok

Cara Asyik Belajar Membaca untuk Balita

REP | 21 November 2012 | 13:48 Dibaca: 706   Komentar: 4   2

Senang orangtua bila anak-anak hobi membaca. Namun … seringkali orangtua bingung bagaimana memulai agar anak-anak mencintai buku dan menjadi ‘kutu buku’ ? Tantangan era cyber seperti saat ini adalah maraknya tayangan televisi dan mudahnya akses internet yang membuat anak-anak lebih memilih duduk manis menonton film kartun, sinetron, bahkan iklan di televisi dibandingkan asyik membuka buku cerita atau majalah. Terlebih bila akses internet sudah dikenal, anak-anak cenderung memilih memainkan jari-jari mungilnya diatas keyboard dan mata fokus ke layar monitor memainkan beragam games online yang bahkan digratiskan!

Ada baiknya orangtua berkaca diri! Apakah sebagai orangtua juga sudah memberi teladan kecintaan pada buku dan sudahkan menularkan hobi membaca pada anak-anak ? Bila tidak atau belum optimal … Ya jangan salahkan anak bila mereka lebih memilih menonton siaran televisi atau bermain game online di komputer.

Yuk! Kita mulai sejak sekarang bersemangat untuk menularkan hobi membaca kepada anak-anak. Mulailah dari hal kecil dan dari diri sendiri.

Pertama : matikan televisi pada waktu sore hingga jam tidur anak. Fokus pada kegiatan bersama seperti makan malam. ngobrol tentang kegiatan siang di sekolah atau di kantor, sebelum tidur bacakan buku cerita anak atau bila sudah bisa membaca sendiri temani anak membaca buku sebelum tidur.

Kedua : tata buku yang sudah ada semenarik mungkin dan mudah dijangkau anak. Misalnya dibuat rak gantung di dinding kamar dan buku ditata menghadap depan sehingga cover yang menarik dapat terlihat anak. Bisa juga di kamar tidur anak dekat ranjang di sediakan box buku yang sewaktu-waktu bisa dibuka sendiri oleh anak untuk memilih buku yang akan dibacanya.

Ketiga : bila mengajak anak hangout cobalah ajak ke toko buku. Berlama-lama di toko buku dan biarkan anak bereksplorasi dengan memilih sendiri buku yang akan dibeli. Tunjukkan antusiasme kita sebagai orangtua kepada pilihan buku anak … cukup dengan mengatakan ‘Wah … Kaka pintar sekali memilih buku ini. Bagus ya … Yuk! Nanti di rumah kita baca bersama’ atau kalimat motivasi lainnya yang membuat anak makin tertarik untuk memilih jalan-jalan ke toko buku dibandingkan ke tempat lain.

Keempat : bila memiliki internet, mulailah untuk mengajak anak searching bahan bacaan dengan dibantu om google. Misalnya mencari tahu tentang hewan mamalia di laut, atau keindahan alam Indonesia, bisa juga tentang cerita rakyat dan sebagainya. Jadi internet tak melulu digunakan untuk bermain game online.

Kelima : sesekali duduk diteras pada minggu pagi atau sore hari, bawa buku favorit lalu membaca bersama sambil minum teh dan cemilan iringi juga dengan musik. Pasti kegiatan ini menjadi menarik dan anak akan semakin kaya dengan pengalaman membaca … bahwa membaca bisa dimana saja dan mengasyikkan.

1353480654252985161

Mengajak anak hangout ke toko buku dan memilih sendiri buku yang disukainya. Kindi dan Mas Hanif mampir ke toko buku Times di Perpustakaan Universitas Indonesia Depok setelah bermain sepeda di pinggir danau. Toko bukunya kecil namun tata ruangnya menarik.

1353478910364785722

Nah … Buku cerita bergambar seperti seri Strawberry Shortcake adalah salah satu seri favorit Kindi. Di toko buku Kindi sudah pasti akan segera berlari menuju rak khusus cerita anak. Dia akan asyik berlama-lama memilih … Dan akan senang bila ada plastik sampul buku yang terbuka, Kindi akan ‘ndemprok’ duduk di lantai dan membuka halaman demi halaman bukunya.

1353478979518217419

Ini tangga masuk di toko buku Gramedia Solo. Tempat jalan-jalan favorit selain wisata kuliner bila sedang mudik ke rumah eyangny. Kebetulan saat Kindi mampir di toko buku sedang dipajang tokoh kartun yang lucu ‘Tiga Manula Jalan-jalan ke Singapura’ karya Benny Rachmadi. Kaka Rusydi sudah punya komik ini dan Kindi pun ikut-ikut membacanya walau cuma membaca gambarnya yang kocak ^_^.

1353480725241923550

Nah … menjelang tidur, anak-anak sangat senang bila dibacakan buku. Kindipun tertidur dengan lelap dan semoga mimpi indah … seindah cerita dari buku yang tadi dibaca.

1353480914188419728

Buku seri Mio yang menarik karena isinya full color dan berisi cerita keseharian anak. Buku yang terbuat dari kertas karton tebal sangat cocok untuk anak yang masih kecil dan masih senang merobek kertas. Kindi memiliki warisan seri buku koleksi Penerbit Tira Pustaka yang bertahap dari buku karton tebal, buku pop-up, buku bermagnet, dan buku dengan gambar tanpa tulisan sampai buku dengan kalimat yang cukup panjang.

1353479074508379357

Rak buku dinding tempat menyimpan koleksi buku anak. Dinding menjadi lebih bermanfaat dan terlihat cantik dihiasi warna-warni cover buku yang menarik.

13534790131518967919

Saat santai anak-anak diajak membaca buku dan rak buku di dinding yang mudah diakses anak. Buku seri Princess dari Penerbit Dar! Mizan menjadi salah satu favorit Kindi : apalagi ada tokoh Princess Aliyya yang merupakan nama tengahnya ^_^.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

LIVE STREAMING KOMPASIANIVAL 2014 …

Kompasiana | | 22 November 2014 | 08:30

OS Tizen, Anak Kandung Samsung yang Kian …

Giri Lumakto | | 21 November 2014 | 23:54

Aku dan Kompasianival 2014 …

Seneng Utami | | 22 November 2014 | 02:18

Obama Juara 3 Dunia Berkicau di Jaring …

Abanggeutanyo | | 22 November 2014 | 02:59

Seru! Beraksi bareng Komunitas di …

Kompasiana | | 19 November 2014 | 16:28


TRENDING ARTICLES

Duuuuuh, Jawaban Menteri iniā€¦ …

Azis Nizar | 21 jam lalu

Zulkifli Syukur, Siapanya Riedl? …

Fajar Nuryanto | 22 jam lalu

Memotret Wajah Jakarta dengan Lensa Bening …

Tjiptadinata Effend... | 22 jam lalu

Ckck.. Angel Lelga Jadi Wasekjen PPP …

Muslihudin El Hasan... | 21 November 2014 18:13

Tak Berduit, Pemain Bola Indonesia Didepak …

Arief Firhanusa | 21 November 2014 13:06


Subscribe and Follow Kompasiana: