Back to Kompasiana
Artikel

Sosok

Dedy

KARYAWAN PT.Semen Gresik yang kini menjadi PT. Semen Indonesia

Ulama Karismatik Vs Ulama Entertaiment

OPINI | 05 November 2012 | 01:23 Dibaca: 3248   Komentar: 0   0

Sepeninggal ulama Karismatik beberapa tahun yang lalu (tahun 2002 sampai 2012) kita tidak mendengar lagi sebutan ulama karismatik Sedangkan Ulama Entertaiment ,sekarang lagi ngetren di media massa dan televisi.

Ulama Karismatik

Melekat pada KH.Maksum Jauhari ( gus Maksum )Kediri Jawa Timur , KH. Abdul Jalil Mustaqim ( Tulunggagung,Jawa timur ), KH. Ahmad Asrori Ustman Al-Ishaqy ( Surabaya ,Jawa Timur ), Ulama sufi dari Sumengko Wringinanom Krian ( Surabaya/Gresik ,Jawa Timiur)lebih dikenal dengan sebutan Abah Thoyib, KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) Jombang Jawa Timur , KH Abdullah Faqih Pengasuh pondok pesantren Langitan, Widang, Tuban, Jawa Timur. Walaupun tak banyak diliput media massa dan televisi , beliau beliau tak asing lagi bagi masyarakat nusantara .

Namun demikian, sekalipun beliau beliau selalu dielu-elukan banyak orang, dakwahnya sangat menyejukkan hati dan selalu dinanti, begitupun saran saran dan ide untuk perbaikan bangsa nusantara . Siapakah pengganti ulama Karismatik ?-Setelah Ulama Karismatik Jawa Timur meninggalkan kita ? anda bisa menjawab sendiri.Sosok Gus Dur yang Humoris dan Jujur pernah menjadi Presiden Kita, Beliau sebagai Ulama dan Umara menggantikan Presiden B. J. Habibie setelah dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999. Penyelenggaraan pemerintahannya dibantu oleh Kabinet Persatuan Nasional. Masa kepresidenan Gus Dur dimulai pada 20 Oktober 1999 dan berakhir pada Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Tepat 23 Juli 2001, kepemimpinannya digantikan oleh Megawati Soekarnoputri setelah mandatnya dicabut oleh MPR. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah mantan ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) Nahdlatul Ulama dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “ Gitu aja Kok Repot “ dan “ kayak ga tau aja si….. “ Kata kata yang sering terlontar dari Gus Dur .Bahkan dengan Beraninya Gus Dur mengatakan Anggota DPR/MPR adalah Kumpulan anak anak Tk yang duduk diLembaga Aparatur Negara. Perkataan Gus dur yang mengatakan Anggota DPR/MPR adalah sekumpulan anak anak TK membuat marah Aggota anggota DPR/MPR pada waktu itu. Kiai Haji Abdurrahman Wahid, akrab dipanggil Gus Dur (lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 – meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 .

Ulama sufi dari Sumengko Wringinanom Krian,Jawa Timur . Lebih dikenal dengan sebutan Abah Thoyib. Sosok ulama pekerja keras,menerima keadaan , suka bersodakoh dan jujur melekat pada diri Abah Thoyib, pengajaran keagamaan kepada murid muridnya tidak hanya ibadah sholat dan dzikir tetapi lebih dari pada itu Abah Thoyib memberikan ajaran kepada murid muridnya bagaimana menjalini hidup dengan bekerja keras ,menerima keadaan ,banyak sodakoh dan jujur sebagai manusia.Dakwa beliau terlihat mudah namum sangat sulit untuk menjalinnya, yach memerlukan perjuangan keras dalam melaksanakan amal amal yang didakwakan Abah Thoyib.Pembangunan dan renovasi makam syech Asmorokondi ayah dari Sunan Ampel yang terletak didaerah Tuban sebagian besar adalah usaha beliau.

KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi merupakan putera dari Kyai Utsman Al-Ishaqi. Beliau mengasuh Pondok Pesantren Al-Fithrah Kedinding Surabaya. Kelurahan Kedinding Lor terletak di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Kiai Asrori adalah pribadi yang istimewa. Pengetahuan agamanya sangat mendalam dan kharismnya memancar dari sosoknya yang sederhana,tutur katanya lemah lebut. 18 Agustus 2009 KH. ASRORI BIN UTSMAN AL-ISHAQI, mursyid Thoriqoh Qodiriyah & Naqsabandiyyah Kedinding Surabaya meninggalkan kita .

KH.Maksum Jauhari ( Gus Maksum ) lahir di Kanigoro, Kras, Kediri, pada tanggal 8 Agustus 1944, salah seorang cucu pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Manaf Abdul Karim. Dikalangan masyarakat umum, Gus Maksum dikenal sakti mandaraguna. Rambutnya tak mempan dipotong (konon hanya ibundanya yang bisa mencukur rambut Gus Maksum), mulutnya bisa menyemburkan api, punya kekuatan tenaga dalam luar biasa dan mampu mengangkat beban seberat apapun, mampu menaklukkan jin, kebal senjata tajam dan seterusnya. Kharisma Gus Maksum cukup untuk membangkitkan semangat pengembangan ilmu kanuragan di pesantren melalui Pagar Nusa.Gus Maksum wafat di Kanigoro pada 21 Januari 2003 dan dimakamkan di pemakaman keluarga Pesantren Lirboyo dengan meninggalkan semangat dan keberanian yang luar biasa.

KH Abdullah Faqih, pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Widang Tuban meninggalkan kita 29 februari 2012 di rumahnya yang berada di kawasan Pondok Pesantren Langitan. Siapa tidak mendengar KH Abdullah Faqih , sosok Pembina dan panutan dari Ulama seluruh ulama Indonesia.Petuah petuahnya selalu dinanti semua kalangan , baik ulama dan umara negeri ini. Dan masih banyak Ulama ulama Karismatik yang lain di negeri ini.

Beliau beliau yang saya sebutkan adalah Ulama Ulama Karismatik yang sekarang sudah meninggalkan kita.Namun harum mereka masih terhirup oleh kita dengan dakwahnya yang sangat menyejukkan hati dan selalu dinanti, begitupun saran saran dan ide untuk perbaikan bangsa nusantara ini .

Ulama Entertaiment

adalah ulama/ustat yang lagi ngetren di media media massa dan televisi ,bahkan untuk membentuk seorang Ustat /Ulama diadakanlah pemilihan Ustat / Ulama di media televisi . Dakwa dakwa yang disampaikan belum bisa membawa kita dalam kedamaian hati . hadist dan ayat ayat yang mereka sampaikan hanya sebatas hafalan dan tersekenario. Pemilihan ustat atau sebutan ustad ditujukan bagi mereka yang juara dakwa dalam perlombaan menghafal hadist dan ayat sebanyak banyaknya dan terbaik . Predikat Ustat atau ulama hanya sebatas tontonan yang disuguhkan oleh juri pemilih dalam kontes ustat di media televisi . Ulama Entertaiment menjamur di media media dan televisi sekarang ini .

Dapatkah Ulama Entertaiment bisa membawa keharuman seperti Ulama karismatik ?

Wassalam

Baca juga

*Islam Universal 1/2/3/4

*Sebutan SP Diarahkan kepada Dahlan Iskan, Jokowi, Prabowo S, Abu Rizal Bakrie, Sosok Artis Milinium Abad 20 yang Ditunggu-tunggu Nusantara, Benarkah Salah Satu di Antara Mereka pada Pemilu 2014 Menjadi Sosok SP Sebenarnya??

*Lima agama besar yang mendominasi dunia—termasuk Islam—menyatakan bahwa mereka meyakini konsep mesianisme.

*PT.SUNAN GIRI

*SEMEN GRESIK MEMBUTUHKAN SOSOK RIZAL RAMLI DAN DAHLAN ISKAN

*Adakah Tuhan


Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

[Wisata Purbalingga] Sepotong Kisah Lingga …

Kandar Tjakrawerdaj... | | 22 December 2014 | 16:24

Percuma Merayakan Hari Ibu! …

Wahyu Triasmara | | 22 December 2014 | 11:58

Apakah yang Lebih Baik daripada …

Ade Hermawan | | 23 December 2014 | 06:03

Yuks Jadi Tongsis Reporter… …

Imam Suwandi | | 23 December 2014 | 00:56

Ibu Renta Itu Terusir …

Muhammad Armand | | 22 December 2014 | 09:55


TRENDING ARTICLES

Penyelidikan Korupsi RSUD Kota Salatiga …

Bambang Setyawan | 9 jam lalu

Akankah Nama Mereka Pudar?? …

Nanda Pratama | 11 jam lalu

Kasih Ibu dalam Lensa …

Harja Saputra | 12 jam lalu

Hebatnya Ibu Jadul Saya …

Usi Saba Kota | 13 jam lalu

Gabung Kompasiana, Setahun Tulis 8 Buku …

Gaganawati | 14 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: