Back to Kompasiana
Artikel

Sosok

Assaoralhaq Arsyad

MANAGEMENT EVOLUTIONS http://assaoralhaqarsyad. wordpress.com/

TD. Pardede The Godfather

REP | 09 February 2012 | 03:17 Dibaca: 2603   Komentar: 1   1

132875595756133464

TD PARDEDE JOURNEY

TD. Pardede adalah nama yang sangat fenomenal di Medan, bahkan di Indonesia.  sayapun sedari dulu sudah mengenal nama yang sangat tidak asing ini, meskipun saat itu belum mengetahui secara pasti sepak terjang dan siapa sebenarnya beliau.

Kunjungan ke Medan pada tanggal 7 Februari 2012, dan pertemuan dengan salah satu anak beliau DR. Indri Pardede di Bandung pada waktu lalu melalui perkenalan yang diperantai oleh Mariska Lubis sebagai penulis buku biography TD. Pardede serta berbagai cerita dari teman-teman yang berasal disana membuat saya ingin menelusuri lebih lanjut mengenai karakter dan geliat jiwa beliau hingga mampu  menjadi inspirasi dan menjadi tokoh yang disegani hingga saat ini.

13287561801478856958

DR. Indri Pardede

Mengapa TD, Pardede menjadi menarik, karena sosok beliau yang sangat visioner. beliau mampu melihat sesuatu jauh ke depan melampaui titik pikiran dan realita yang ada. Dalam konsep produktivitas beliau mampu menjaga nilai ekspetasi atas suatu visi melalui perjuangan yang terkonsep rapi dalam pikirannya. Dalam masa perjuangan di masa lampau beliau sudah mampu memikirkan dan mengimplementasi timeline perencanaan bisnisnya secara matang dan selalu beradaptasi dengan perkembangan yang ada, dimana dalam konsep Manajemen disebut sebagai implementasi behaviour change.  Hal ini bisa dilihat dimana hampir setiap tahun dalam masa hidupnya beliau mampu mengembangkan potensi usaha dan membangun jaringan bisnisnya hingga menguasai berbagai sektor bisnis seperti: perhotelan dan hubunganya dengan pariwisata, Industri Textile, Percetakan hingga visi beliau terhadap perkembangan olahraga terpopuler di bumi ini, sepakbola.

13287564011008937348

Hotel Danau Toba

Yang Membuatnya menjadi lebih mengagumkan. bagaimana seorang TD. Pardede pada masanya mampu membangun suatu program seperti layaknya CSR (Corporate Social Resposibility)  internal maupun eksternal melalui pembangunan sarana pendidikan dari SD dan SMA secara gratis buat masyarakat Medan dari hasil usaha beliau. Semua yang dilakukan adalah hal-hal yang menjadi trend dunia usaha saat ini dalam pengembangan bisnis, yaitu pembangunan sistem holding company dengan suatu usaha yang saling terintegrasi satu sama lain, dan mempunyai manfaat secara bisnis serta dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat sekitar.

sedangkan secara internal Perusahaan, TD.Pardede mampu melakukan suatu pemberdayaan dan peningkatan  sumber

13287565201255856388

Rumah TD. Pardede

daya manusia yang dimiliki secara optimal, hingga menjadi kenangan dan keharuan tersendiri oleh karyawannya. seperti diungkapkan oleh Bu Domo sebagai salah satu karyawan di Hotel Danau Toba Prapat, dimana diungkapkan bahwa beliau selalu menginkan karyawan bekerja seperti layaknya mereka yang memiliki hotel tersebut. Dalam konsep pengelolaan manajemen dalam peningkatan profitability hal ini disebut program KPP (Karyawan Peduli Perusahaan) yang mampu dipikirkan dan diimplementasi secara baik oleh TD. Pardede.

Hal menarik lainnya dan merupakan kunci dari insipirasi beliau adalah pikiran seorang TD. Pardede yang sangat visioner. Suatu hal yang diluar logika seperti layaknya ketika Michaelangelo sendiri hidup pada abadnya dimana

1328756595523418728

Pabrik Textile peninggalan TD. Pardede

sikap visioner nya dianggap sebagai suatu “kegilaan”.  Suatu kegilaan yang benar - benar gila ketika melihat sepak terjang TD. Pardede membangun bisnisnya, sudut pemilihan lokasi usaha, perencanaan bisnis, fasilitas - fasilitas yang ada yang beliau sediakan di hotel Danau Toba dan di tempat usaha lainnya serta inovasi-inovasi pengembangan bisnis, karakter karyawan yang dipilih, pemilihan sektor bisnis hingga proses Development yang terjadi secara terus menerus dan simultan. Apakah itu terjadi secara kebetulan? sangat tidak mungkin. perancangannya jelas ada di kepala beliau, dan itu terkonsep sangat rapi dalam pikirannya bahkan hingga perencanaan di masa mendatang beliau pun saya yakin mempunyai konsepnya, ini tercermin dari penuturan karyawannya, dimana beliau sudah menyiapkan

1328756668898079436

Lapangan Bola TD. Pardede

pembangunan - pembangunan yang akan dilakukan sementara satu titik pekerjaan masih dalam proses. Suatu konsep pemikiran layaknya perencanan pekerjaan Gantt Chart.

Inspiring dan visioner, semua langkah yang dilakukan TD. Pardede sangat di luar logika untuk ukuran pada jamannya, andaikan bisa mengetahui isi dari kepala beliau secara visi dan keyakinan, diyakini hal ini akan menjadi pondasi kuat buat siapapun dalam membangun bisnis ataupun dalam meningkatkan kapasitas bisnisnya menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang banyak.

He is GODFATHER dari Indonesia. Pebisnis yang berkarakter serta dilandasi jiwa sosial yang menyatu dalam kharisma seorang TD.Pardede. Makin membuka lembaran hidupnya, makin banyak inspirasi yang bisa dimanfaatkan dan diimplementasi pada saat sekarang.  Sutu sikap, tindakan, falsafah-falsafah yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Sifat profesional dalam dalam diri beliau juga tercermin dimana setiap falsafah yang dikatakan diimplementasikan secara maximal, bukan hanya sekedar kata - kata. seperti falsafah ” Lebih baik memberi orang makan banyak meski sedikit daripada memberi orang makan banyak tapi hanya kepada satu orang” (setiap konsep usaha yang beliau lakukan adalah seperti layaknya program padat karya, pemberdayaan  sumber daya manusia tanpa mengurangi perhatian beliau terhadap kebutuhan mereka) atau falsafah seperti ” Jadilah seperti ikan lele, bermain dimanapun dia tetap bersih (falsafah ini tercermin bagaimana beliau mampu berada di banyak area seperti dunia usaha, politik,  militer dsbnya namun tetap mampu mengkomunikasikan visi tanpa mengubah karakternya secara prinsip).

13287567842026220647

TD PARDEDE THE GODFATHER

Lihatlah dan teliti apa yang beliau kerjakan dan lakukan maka kita akan menganggukan kepala pertanda setuju terhadap falsafah yang dikatakan. Anda tidak mengenalnya? suatu kerugian besar jika kita tidak mampu menelaah konsep-konsep pemikiranya dan pencapaian beliau sebagai sarana belajar dalam kehidupan kita. Lihatlah dan amati bagaimana beliau mampu membangun suatu Ekspetasi, Realization dan penjagaan level depression secara seimbang…

AmazeHe is GODFATHER dari Indonesia.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Selayang Pandang Tentang Demonstrasi …

Fera Nuraini | | 01 October 2014 | 20:57

Siswa Korea Tertarik “Sambal” Indonesia …

Ony Jamhari | | 02 October 2014 | 09:39

Belajar Mandiri dari Pola Didik Orangtua di …

Weedy Koshino | | 02 October 2014 | 09:53

Obat Galau Jurusan Kuliah …

Bening Tirta Muhamm... | | 02 October 2014 | 09:54

[DAFTAR ONLINE] Nangkring bersama Bank …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:52


TRENDING ARTICLES

“Saya Iptu Chandra Kurniawan, Anak Ibu …

Mba Adhe Retno Hudo... | 2 jam lalu

KMP: Lahirnya “Diktator …

Jimmy Haryanto | 3 jam lalu

Liverpool Dipecundangi Basel …

Mike Reyssent | 8 jam lalu

Merananya Fasilitas Bersama …

Agung Han | 8 jam lalu

Ceu Popong Jadi Trending Topic Dunia …

Samandayu | 10 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: